Babun Mampu Bedakan Kata dengan Huruf Acak

Bookmark and Share
Salah satu jenis primata, babun, diketahui bisa membedakan kumpulan huruf yang menjadi kata atau sekedar disusun secara acak. Menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan Perancis, setidaknya babun mengenal kata yang terdiri dari empat huruf.

Para babun itu bisa membedakan huruf yang membentuk kata dengan huruf yang disusun acak. Walau begitu, ini tidak berarti babun memiliki kemampuan untuk membaca.

Hasil ini kemudian mendapati kesimpulan bahwa jenis primata ini lebih memiliki kemampuan untuk identifikasi objek, ketimbang skill linguistik. Hasil penelitian yang ditulis Dr John Grainger dan Dr Joel Fagot dari Aix-Marseille University ini kemudian dimuat di jurnal "Science".

"Ini bukan sebuah konklusi kalau para babun itu bisa menguasai dan membedakan kalimat atau bukan kalimat, dari tugas yang kami berikan. Jadi kami cukup antusias dengan fakta itu," ujar Dr Grainger, seperti dikutip dari laman BBC.

Para ilmuwan ini sendiri melakukan percobaan kepada para babun asal Guinea di fasilitas khusus yang dibangun universitas. 

"Dalam penelitian, para hewan ini sepenuhnya bebas dalam berpartisipasi, dan secara otomatis diidentifikasi dari tes komputer saat mereka keluar dari kelompok sosial mereka untuk suka rela masuk ke satu dari 10 tes sistem kemungkinan," ucap Dr Fagot.

Dalam kotak percobaan, para babun akan diperlihatkan layar komputer yang di dalamnya terdapat empat huruf teratur menjadi kata atau yang disusun secara acak.

Untuk mendapatkan 'hadiah' dari sistem otomatis, mereka harus menyentuh secara tepat sebagai tanda mengenal kata atau huruf acak. 

Namun ini kemampuan yang tidak diperoleh secara singkat. Menurut Dr Fagot, babun-babun ini bisa memperoleh kemampuan itu setelah dites selama lebih dari 61.000 kali. (umi)

"Para primata ini memberikan perhatian maksimal terhadap apa yang mereka lakukan, karena mereka memilih untuk berpartisipasi," ucapnya.

Seekor babun yang menjadi responden, yang bernama Dan, bahkan mampu mengenal 300 kata secara tepat.

"Kemampuan kognitif juga bisa berubah di antara manusia. Dan tidak mengejutkan ada babun yang memiliki kemampuan yang berbeda," jelas Fagot.

Sedangkan Grainger mengatakan bahwa mengenal kata yang terdiri dari empat huruf juga terkait dengan skill yang sederhana. Sebelumnya, primata diketahui memiliki kemampuan menyusun blok-blok bangunan.

"Para baboon ini menggunakan informasi mengenai kata dan kaitannya antara kata yang digunakan dalam tugas kami. Ini merupakan kemampuan dasar untuk mengidentifikasi onjek yang ditemui tiap hari di lingkungannya," ujar Grainger. 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar